Thursday, February 12, 2015

Membuat Sandi

Membuat Sandi dalam masa sekarang sudah terbiasa. Sandi banyak di gunakan dalam kehidupan sehari-hari. baik itu untuk keperluan sehari hari yang di pakai yaitu gadget atau dalam transaksi keuangan seperti pin ATM.

Pembuat Sandi biasanya menggunakan kata atau angka yang sehari hari gampang di ingat. Kadang karena keengganan lupa atau malah sudah terbiasa menggunakan tanggal lahir atau malah memakai nomor berurutan.

Masalah baru muncul ketika akan menggunakan ternyata lupa Sandi apa yang di pakai. apa tanggal lahir, nama anak, nama panggilan atau kata acak yang kita simpan di dalam gadget. ternyata untuk masalah ini bukan masalah sepele yang dapat di perhitungkan dengan cepat.

Menyimpan Sandi dalam gadget sama saja bunuh diri. selain gadget adalah barang yang bisa di akses oleh aplikasi, coba saja anda simpan no pin bank di android. ketika ada orang lain yang tahu nomer email anda dan Sandinya, maka akan otomatis no pin dan informasinya terbawa juga.

Penyelesaiaan nya adalah dengan enskripsi. Enskripsi adalah salah satu proses mengamankan kata kunci dengan bantuan sebuah kunci. kunci biasa di buat oleh perancang agar kata sandi sebenarnya tidak dapat terlihat, dan ini di pakai dalam telekomunikasi untuk mengamankan informasi yang di sampaikan, atau di pakai untuk internet banking seperti kode token internet banking pada beberapa bank.

Kita juga bisa membuat ensripsi untuk Sandi. kita tak usah ingat apa sandinya yang penting ingat kata kunci baku untuk membukanya. jadi ketika kita membuka satu account kita lihat accountnya dan secara otomatis kita jadi hafal kode sandinya.

Contoh sederhana ensripsi untuk sebuah account facebook.
Nama Panggilan+facebook+tanggal lahir.
Ujangfacebook121292
Nah untuk contoh di atas kita tidak di haruskan menghafal sandi tapi hafal urutannya. dan itu hanya contoh saja, silahkan berkreasi dengan kodenya.

No comments:

Post a Comment